Tutorial Membuat Kolom Tentang Penulis

Kali ini gue akan memberitahukan elu tentang cara pembuatan kolom about author, atau bahasa indonesia ” Tentang Penulis ” iya.. mungkin lu merasa aneh karena tumben gue ngasih tutor tentang pengetahuan biasanya tutor ngawur semua.. iya, ini karena tugas TIK sekolah.. mungkin Pak Edi lagi baca kalimat ini.. * Assalamualaikum pak.. * . Langsung aja.

Hal pertama yang paling pertama, kita membutuhkan gravatar ? apa itu gravatar ? itu akun foto bawaannya wordpress. Nah.. yang pertama kali kita harus daftar terlebih dahulu.

1 Pertama kita buka Gravatar

klik aja ini  www.gravatar.com

gravatar awal

tampilan gravatar

2. Lalu klik “Create Your Own Gravatar “

gravatar

3. Lalu isi form emailnya

gravatar sing

Isikan dengan email yang kita pakai untuk membuat wordpress. Lalu klik sign up

4. Isi form username dan password

sign up gravatar

isi username nya, lalu klik check untuk memastikan apakah sudah terpakai atau belum ? dan isi paswordnya. Setelah itu akun anda berhasil dibuat !!

5. Tambahkan foto

Pertama klik My profile

gravatar isi

Nah.. lu bisa mau isi isi dulu biodatanya atau langsung aja nambahin fotonya.  Kalo mau isi, tinggal isi dan klik save profile. tapi kalo mau langsung tinggal klik Photo Gallery.

5. Masukkan fotonya

gravatar mau foto

Klik Choose file, lalu cari dimana tempat lu letakin itu foto.. terus klik open. Dan selanjutnya klik Upload. Kalau minta di crop, ya crop aja

6. Memberikan batas usia untuk foto.

batas usia ? iya.. maksud gue ini foto termasuk kategori apa? semua umur ? dengan bimbingan orang tua ? atau lain lain lah..

ini dia klasifikasinya

G : itu artinya General atau umum, jadi ini foto bisa diliat umum

PG : itu artinya Parental Guidance. Kalo gak salah, itu artinya bimbingan orang tua. Jadi saat melihat foto ini harus dibimbing orang tua biar kagak salah kaprah

R : entah itu apa artinya. Tapi kalo klasifikasi ini khusus untuk foto yang berbau kekerasan,”telanjang”, dan obat obatan

X : ini klasifikasi yang paling parah men.. ini klasifikasi yang fotonya berbau hal hal yang bisa membuat orang ketakutan seperti mayat, zombie, hantu dan lain lain. Dan juga klasifikasi ini untuk foto yang berbau konten seks yang dilarang di Indonesia.

Nah.. dari keempat klasifikasi itu. Lu klik yang klasifikasi G.

Nah.. setelah itu, anda telah selesai memasukkan fotonya. Sekarang tinggal membuat kolom penulisnya.

Nah.. untuk cara ini langsung aja liat videonya. Gue capek nulisnya

Oke.. sekian dari gue. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.

NB: Beberapa foto diambil dari blog baraja.

Leave a comment